Media Hiburan Anak Muda Kekinian Terupdate

10 Cara Menghadapi Pacar Suka Mengatur Kehidupanmu Berlebihan

0

Hallo sobat kepo…Pacar suka mengatur? Sebenarnya kamu beruntung. Berarti dia perhatian dengan kehidupanmu dan tidak ingin kamu melakukan hal yang buruk. Apalagi jika kamu termasuk tipikal orang yang sulit disiplin, tentu ini akan sangat membantu.

Namun apa jadinya jika aturan yang ditetapkan pacar kian lama semakin menyebalkan, bahkan terlalu berlebihan. Bahkan kamu serasa tidak bisa menikmati hidupmu sendiri. Selalu ada turut andil pacar dalam setiap keputusan dalam kehidupanmu, sehingga kamu tidak bisa mandiri. Pacar yang suka mengatur berlebihan merupakan tanda hubungan yang belum dewasa dan tidak sehat.

Pacar yang suka mengatur tidak jauh beda dengan pacar posesif, yang tidak percaya akan dirimu, sehingga dia merasa semua hal harus dalam sepengetahuan dia. Jika sudah seperti ini, tentunya ini tidak akan baik bagi diri kamu sendiri. Jangan diamkan saja, kamu juga berhak mengatur kehidupanmu dan hal-hal di dalamnya. Nah kali ini, kita akan membahas cara menghadapi pacar yang suka mengatur berlebihan.

Cara Menghadapi Pacar Yang Suka Mengatur-Atur

Punya pacar yang selalu berusaha mengatur hidupmu memang tidak menyenangkan. Rasanya seperti kamu terkekang dan sulit untuk mendapatkan ruang gerak yang bebas. Kamu haru seperti ini, kamu harus seperti itu, tidak boleh begini, maupun tidak boleh begitu, dan lainnya. Menyebalkan bukan?

Meskipun kamu jarang bertemu sekalipun, kamu masih tetap merasa tertekan karena sikapnya yang berlebihan. Lalu apa yang harus kamu lakukan untuk bisa menghadapi pacar yang suka terus mengatur? Kamu bisa coba tips di bawah ini.

cara menghadapi pacar suka mengatur kehidupanmu
menghadapi pacar suka mengatur kehidupan pribadimu

1. Protes Dong!

Ketika pacarmu membatasi dan berubah menjadi posesif, namun kamu hanya hanya pasrah menerimanya. Maka dia akanmelakukan ini terus menerus karena menganggap kamu mengiyakan sikapnya. Cara pertama untuk menghadapi pacar yang suka mengatur berlebihan adalah dengan memprotes tindakannya tersebut. Bilang saja jika permintaannya sudah cukup berlebihan dan kamu tidak nyaman.

Dan hal yang perlu kamu ingat dan pertahankan ketika protes adalah kamu harus bertahan dari sikapnya yang terkadang memanipulasi. Tak jarang pacar yang suka mengatur akan melakukan 2 cara sebagai respon atas protesmu. Pertama, mungkin dia bisa bersikap agresif seperti emosi, marah, hingga mengancam putus.

Jika tidak ampuh, cara kedua yang bisa dilakukannya adalah memanipulasi pikiranmu dan membuat kamu merasa bersalah. Jangan sampai kamu termakan dalam permainannya yang bisa buat kamu malah frustasi.

2. Minta Penjelasan Atas Sikapnya

Setelah protes, cara menghadapi pacar suka mengatur berlebihan selanjutnya adalah minta penjelasan akan tindakannya tersebut. Ketika pacar terus menerus mengatur hidupmu, maka jangan hanya diam dan menurut. Kamu harus minta penjelasan darinya. Sikap dia yang selalu mengawasi dan mengaturmu membuat kamu tidak memiliki celah untuk bisa bergerak sebagai individu yang bebas. Pasti ada alasan dibalik sikapnya ini dan kamu harus tahu.

Bisa jadi hal ini dilakukan karena takut kamu meningaglkannya, atau khawatir jika kamu terlalu lelah dan jatuh sakit, ataupun masih banyak lainnya. Meskipun alasan yang diungkapkan kadang tidak masuk akal, tetap saja hargai yang dirasakannya.

Kamu bisa minta penjelasannya ketika waktu yang tepat. Ketika kalian berdua samama-sama dalam kondisi yang baik, entah itu fisik maupun emosi. Dengan begitu kamu bisa berdiskusi tanpa harus marah-marah. Jangan memaksa mendapatkan jawaban ketika kondisi kamu dan dia sama-sama emosi.

3. Bersikap Tegas

Saat pacar kamu suka mengatur, maka kamu punya kesempatan untuk bisa bersikap tegas. Tunjukkan jika kamu tidak mau diperlakukan seenaknya saja. Tidak peduli cowok atau cewek pun, sikap tegasmu itu wajar karena kamu sedang memperjuangkan hak untuk bisa merasa bebas.

Namun ingat, saat kamu bersikap tegas jangan sampai kamu juga bersikap kasar. Bagaimanapun kondisinya, jangan pernah berkata maupun bersikap kasar. Jika kamu sampai bersikap kasar, sama saja kamu akan tampak tidak bijaksana. Apalagi jika sebenarnya urusan ini bisa didiskusikan bersama. Kalian berdua harus saling mengerti satu sama lainnya, bukannya saling menjatuhkan.

4. Menghindar

Jika kamu takut untuk meminta penjelasan atau protes, kamu bisa menghindari pacarmu sejenak. Langkah selanjutnya untuk menghadapi pacar suka mengatur dan posesif adalah menghindarinya untuk sementara waktu. Anggap saja, ini adalah bentuk protes dirimu kepadanya karena sikap buruknya tersebut.

Untuk sementara waktu akan lebih baik untuk tidak bertemu. Dengan begitu, mungkin dia akan menyadari jika kamu tidak menyukai sikapnya tersebut yang suka mengatur-atur. Seiring dengan berjalannya waktu, dia bisa introspeksi dan sadar jika sikapnya menyebalkan serta menganggu kehidupanmu.

5. Kamu Harus Percaya Diri

Jika pacar kamu suka mengaturmu berlebihan dan kamu tidak suka, kamu harus menunjukkan keinginan yang kuat serta percaya diri. Sebab sikapnya yang sering mengatur ini bisa muncul karena kamu tampak lemah. Namun kalau kamu mampu kuat dan percaya diri, pacar kamu mungkin akan berhenti untuk mengatur atur kehidupanmu.

Percaya diri di sini yang dimaksud adalah bahwa kamu adalah pribadi yang sudah dewasa dan sudah bisa menentukan segala hal yang ingin kamu lakukan. Memang terkadang kita memerlukan bantuan seseorang untuk memtuskan hal yang rumit. Namun tidak ada salahnya jika kamu juga berhak menentukan hidupmu sendiri.

6. Tetap Kuasai Keadaan Dan Bersikap Tenang

Biasanya kebanyakan orang yang senang mengatur-atur merasa jika dirinya paling benar. Dia akan menganggap jika yang dilakukannya adalah sesuatu yang benar. Dan jika kamu mengingatkan, mungkin saja dia tidak menerimanya. Jika sudah demikian, kondisi seperti ini mungkin saja dapat membuat emosimu naik.

Namun kamu harus tetap bersikap tenang jika kamu mau menghadapi pacar kamu yang suka mengatur. Jelaskan kepadanya jika sikapnya yang suka mengatur membuat kamu tidak nyaman, bahkan dapat merusak hubungan kalian. Jelaskan saja kepadanya tentang akibat yang bisa terjadi dari tindakan yang dilakukan.

7. Tunjukkan Saja Jadwalmu Sehari Hari

Terkadang pacar suka mengatur masalah kegiatanmu dikarenakan dia ingin punya banyak waktu bersamamu. Padahal kamu saja mungkin tidak mampu untuk memenuhi hal tersebut karena banyak tanggung jawab yang harus dibereskan. Jika seperti itu, kamu bisa tunjukkan jadwalmu sehari hari kepadanya.

Berikan dia waktu agar paham dengan situasi dan kondisi kamu saat ini. Entah kamu sibuk atau tidak, biarkan pacarmu tahu. Sehingga dia bisa lebih paham kapan waktu yang tepat untuk menghubungimu maupun bertemu denganmu. Jika kalian bisa saling mengerti ini tak akan memperkeruh hubungan kalian berdua.

8. Esktra Sabar

Ketika kamu memiliki pacar suka mengatur atur secara berlebihan, dan itu positif maka kamu wajib untuk ekstra bersabar. Karena yang coba dia lakukan adalah hal baik. Namun berbeda lagi ceritanya segala sesuatu entah itu hal positif maupun tidak, dia terus mengatur hidupmu. Ini sudah di luar batas.

Karena mereka menuntut kesempurnaan, baik dalam dirinya maupun pasangannya. Dan kamu yang sedang menghadapi pacar dengan tipikal seperti ini, diperlukan kesabaran yang tinggi dalam menghadapinya. Jangan ikut emosi yang membuat hubungan malah semakin rumit. Dengan bersabar, tidak lain adalah cara terbaik agar tetap bisa menjaga baik jalinan hubungan kalian berdua.

9. Bangun Hubungan Atas Dasar Saling Percaya

Terkadang ini hanya masalah kepercayaan saja. Cobalah untuk membicarakan tentang kepercayaan dengan pacarmu. Mungkin awalmula pacar suka mengatur adalah karena tidak ada kepercayaan satu sama lain. Hal inilah yang membuat dia ragu kepadamu jika akan mengambil keputusan.

Jadi kamu bisa jelaskan kepada pasanganmu untuk bisa selalu percaya kepadamu. Kamu pun juga harus menerapkan kepercayaan ini kepada pasangan. Yakinkan dia jika kamu mampu melakukan semuanya tanpa perintahnya.

10. Putus!

Jika semua cara sudah kamu lakukan namun pacar masih tetap suka mengatur bahkan hingga berlebihan. Cara terakhir untuk menghadapi pacar suka mengatur berlebihan adalah dengan putus dengannya. Ingat, hubungan yang sehat adalah hubungan yang bisa memberikan kenyamanan. Bukan malah memaksakan kehendap untuk pasangan. Jika sudah seperti ini, maka putus adalah jalan terbaik yang bisa di ambil.

Terkadang tak semua kondisi yang kamu mau bisa berjalan sesuai apa yang diinginkan. Hubungan kalian berdua bisa saja sedang dalam konisi yang tidak baik. Apalagi jika dia sering mengatur hidupmu. Bahkan buruknya dia hanya ingin terus dimengerti tanpa mau paham tentang situasimu. Kalau sudah keterlaluan, bukan hal yang salah saat kalian berdua mengakhiri hubungan kalian saat ini. Meskipun menyakitkan. ini bisa menjadi pelajaran yang berharga bagi kalian berdua.

Hubungan yang sehat adalah jika kamu dan dia bisa terlibat untuk saling respect. Yang dimaksud saling respect disini adalah saat kalian bisa sali menghormati dan menghargai masing-masing, baik itu pendapat, pikiran, pilihan, maupun perasaan. Kamu bukanlah properti begitupula pasanganmu. Sehingga tida ada yang posisi lebih tinggi ataupun lebih rendah. Nah itulah tadi 10 cara menghadapi pacar suka mengatur kamu berlebihan. Silahkan share artikel ini jika kamu rasa artikel ini cukup bermanfaat.

Leave A Reply

Your email address will not be published.

This website uses cookies to improve your experience. We'll assume you're ok with this, but you can opt-out if you wish. AcceptRead More